Friday, January 20, 2012

Bahasa

Tentang membaca dan menulis. Sedari SD, memang saya suka membaca. Hampir seluruh buku di perpustakaan sudah saya 'jelajahi', meskipun sebagian tak benar-benar saya baca. Meski pada dasarnya, kemampuan berbahasa saya cukup buruk. Nilai Bahasa Indonesia saya semenjak SD hingga SMA, tak pernah melampaui nilai mata pelajaran eksak saya. Bahkan, jikapun nilai eksak saya lebih tinggi (ehm.. kesedak!) dari teman2 saya, maka nilai bahasa saya seringkali lebih rendah dari mereka. Uphh.. Maka saat itu, saya mendaulat diri sebagai seorang yang kurang mampu berbahasa. Otomatis itu membuat saya menjadi tidak menyukainya.

Dan waktu berlalu.. Setahun.. Dua Tahun.. Dan hei, sekarang saya sudah melewati tahun keempat semenjak menanggalkan seragam abu-abu. Empat tahun. Sepanjang itu ternyata bisa mengubah saya yang hampir2 'membenci' bahasa menjadi sedemikian mencintainya melebihi kecintaan akan akuntansi -mata pelajaran utama yang saya pelajari selama tiga tahun kuliah.

Yaa meskipun kecintaan saya tak cukup membuatku ahli berbahasa, setidaknya itu sudah cukup membuka cakrawala berfikir saya yang dulu sempit.  Bahwa ternyata bahasa itu ilmiah, dan yang pasti : indah!
Selamat mencintai bahasa, Ute..
pict taken from here

No comments:

Post a Comment